Kamis, 24 Agustus 2017

Gangguan Pada Sistem Pernapasan Manusia (Pertemuan II)

Sumber: https://sandiegodentist.org
Sistem pernapasan manusia yang terdiri atas beberapa organ dapat mengalami gangguan. Gangguan ini biasanya berupa kelainan atau penyakit. Penyakit atau kelainan yang menyerang sistem pernapasan ini dapat menyebabkan terganggunya proses pernapasan. Berikut adalah beberapa contoh gangguan pada sistem pernapasan manusia.
  1. Asma atau sesak napas, adalah penyakit penyumbatan saluran pernapasan yang disebabkan alergi terhadap rambut, bulu, debu atau tekanan psikologis.
    Organ Penderita Asma
    Sumber: http://drwox.com
  2. Tuberculosis (TBC), adalah penyakit yang disebabkan oleh serangan bakteri Mycobacterium tuberculosis yang dapat menyerang hampir pada semua organ tubuh, terutama paru-paru. Bakteri ini menyerang paru-paru sehingga pada bagian dalam alveolus terdapat bintik-bintik. Penyakit ini menyebabkan proses difusi oksigen yang terganggu karena adanya bintik-bintik kecil pada dinding alveolus.
    Organ Paru-Paru Penderita yang Mengalami TBC
    Sumber: http://www.marokesehatan.com
  3. Pneumonia yaitu penyakit radang paru-paru yang disebabkan oleh Diplococcus pneumoniae. Akibat peradangan alveolus dipenuhi oleh nanah dan lendir sehingga oksigen sulit berdifusi mencapai darah. Pneumonia dapat juga disebabkan oleh iritasi kimia atau fisik dari paru-paru atau sebagai akibat dari penyakit lainnya, seperti kanker paru-paru atau terlalu banyak minum alkohol. Namun penyebab yang paling sering adalah serangan bakteria Streptococcus pneumoniae atau pneumokokus. Penyakit pneumonia sering kali diderita sebagian besar orang yang lanjut usia (lansia) dan mereka yang memiliki penyakit kronik sebagai akibat rusaknya sistem kekebalan tubuh (imun), akan tetapi pneumonia juga bisa menyerang kaula muda yang bertubuh sehat.
    Organ Paru-Paru Penderita yang Mengalami Pneumonia
    Sumber: http://paru-paru.com
  4. Influenza disebabkan oleh virus influenza. Gejala yang ditimbulkan antara lain pilek, hidung tersumbat, bersin-bersin, dan tenggorokan terasa gatal. Influenza merupakan suatu penyakit infeksi akut saluran pernapasan terutama ditandai oleh demam, gigil, sakit otot, sakit kepala dan sering disertai pilek, sakit tenggorok dan batuk yang tidak berdahak. Penyebab influenza adalah virus yang menginfeksi jaringan saluran nafas bagian atas. Terdapat 3 jenis virus yang dikenal yaitu A, B, dan C. Virus tipe A akan menyebabkan gejala yang berat, menyebar secara cepat dan dapat menyebabkan infeksi di suatu negara atau wilayah (pandemi). Virus tipe B akan menyebabkan gejala yang lebih ringan dan penyebarannya tidak secepat virus tipe A. Virus tipe C hanya memberikan gejala yang ringan saja. Perbedaan dari virus ini dapat diketahui melalui pemeriksaan dari cairan ludah dengan mempergunakan tes secara genetik.
    Infeksi Virus Influenza
    Sumber: https://vaccinecentral.wordpress.com
  5. Sinusitis merupakan peradangan yang terjadi pada rongga hidung bagian atas (sinus paranasalis). Penderita ditandai dengan hidung mampet, ingus berbau berwarna kuning kehijauan, dan terasa sakit pada daerah sinus yang terserang.
    Organ Rongga Hidung Penderita yang Mengalami Sinusitis
    Sumber: http://shentherapies.com
  6. Rhinitis merupakan peradangan yang terjadi pada rongga hidung, yang dapat mengakibatkan rongga hidung membengkak. Bahkan apabila sudah parah, rongga hidung mengeluarkan lendir. Penyakit ini disebabkan oleh alergi terhadap benda tertentu.
    Organ Rongga Hidung Penderita yang Mengalami Rhinitis
    Sumber: https://medlineplus.gov
  7. Emfisema disebabkan karena hilangnya elastisitas alveolus. Alveolus sendiri adalah gelembung-gelembung yang terdapat dalam paru-paru. Pada penderita emfisema, volume paru-paru lebih besar dibandingkan dengan orang yang sehat karena karbondioksida yang seharusnya dikeluarkan dari paru-paru terperangkap di dalamnya. Asap rokok dan kekurangan enzim alfa-1-antitripsin adalah penyebab kehilangan elastisitas pada paru-paru ini.
    Organ Paru-Paru Penderita yang Mengalami Emfisema
    Sumber: https://biologigonz.blogspot.co.id
  8. Bronkitis merupakan peradangan yang terjadi pada tenggorokan yang disebabkan infeksi bakteri yang menimpa pada selaput epitel bronkus. Gejala dari penyakit bronkitis biasanya ditandai oleh batuk yang dalam, dahak abu-abu kekuning-kuningan yang keluar paru-paru.
    Organ Paru-Paru Penderita yang Mengalami Bronkitis
    Sumber: http://jellygamatgoldgplus.com
Berikut ini video yang menjelaskan beberapa gangguan yang terjadi pada sistem pernapasan manusia:

    Materi Sebelumnya

    Home

    Materi Selanjutnya
    Share:

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Admin

    Astody Gusta Mandayu
    Mahasiswa FKIP Biologi Universitas Tanjungpura
    astodygusta94@gmail.com
    Copyright © Blog Interaktif Sistem Pernapasan | Powered by Blogger Distributed By wixarddesign & Design by astodygustamandayu | Blogger Theme by wixardthemes